Rahasia Tranexamic Acid untuk Wajah Glowing

Tranexamic acid merupakan turunan sintetik dari amino acid lysine. Secara tradisional, obat ini diresepkan untuk mengatur menstruasi yang berat atau mengontrol pendarah hebat pasca melakukan operasi.

Penelitian menemukan bahwa tranexamic acid memiliki kemampuan untuk mencegah pembuluh darah baru dan pembentukan melanin alias pigmen kulit. Ini mungkin alasan mengapa tranexamic acid topikal sangat membantu meringankan bintik hitam akibat hiperpigmentasi

Mulai dari vitamin C yang mencerahkan hingga pengelupasan asam laktat, penggunaan asam dalam perawatan kulit bukanlah hal yang baru. Akan tetapi, bagaimana dengan manfaat tranexamic acid wajah?
Kandungan skincare ini secara umum digunakan untuk mengobati pendarahan hebat, namun tranexamic acid juga merupakan produk perawatan untuk kulit yang sedang naik daun digunakan untuk mengatasi melasma dan hiperpigmentasi.

Beberapa manfaat menggunakan tranexamic acid untuk wajah yang bisa dapatkan:

1. Sebagai skin barrier yang kuat

Skin barrier atau lapisan kulit yang paling luar berfungsi untuk menjaga kelembapan dan mengeluarkan racun serta iritasi.

Penelitian pada 2015 menemukan bahwa orang yang menerapkan tranexamic acid sebanyak 3% selama dua minggu, menunjukkan lebih sedikit tanda-tanda rosacea, dibandingkan mereka yang tidak menggunakan pengobatan ini. Oleh karena itu, para peneliti mulai menyimpulkan hubungan antara tranexamic acid dengan peningkatan fungsi skin barrier.

2. Memudarkan bintik hitam yang muncul karena paparan sinar UV

Dalam sebuah penelitian pada 2014, sebanyak 50 orang dengan bintik hitam akibat sinar UV mengoleskan 3% tranexamic acid pada satu sisi wajah mereka dan 3% hidrokuinon ditambah 0,01% deksametason disisi lainnya sebanyak dua kali setiap hari selama 12 minggu.

Para peneliti menemukan bahwa traxenamic acid sama efektifnya dengan pengobatan tradisional, namun dengan efek samping yang jauh lebih sedikit.

3. Memperbaiki perubahan warna kulit

Selain bintik hitam, ini juga dapat membantu mengurangi perubahan warna pada kulit. Dalam sebuah penelitian, melakukan eksperimen dengan peserta mengoleskan cetyl tranexamte mesylate, turunan tranexamic acid, sebanyak dua kali sehari selama 8 minggu. Hanya dalam waktu 2 minggu, sebagian besar peserta telah melaporkan perbaikan pada warna kulit dan kemerahan.

4. Mengurangi munculnya jerawat

Timbulnya jerawat dapat menyebabkan eritema pasca inflamasi. Ini adalah bercak perubahan warna merah, merah muda, atau ungu yang membandel. Penelitian pada 2022 menunjukkan bahwa asam ini dapat mengurangi munculnya lesi tersebut, dengan sedikit risiko efek samping yang serius.

5. Mengurangi pembengkakan

Tranexamic acid secara efektif meredakan pembengkakan akibat angioedema herediter, suatu kondisi yang ditandai dengan pembengkakan di sekitar mata, bibir, tangan, dan kaki. Terkadang, penderita penyakit ini juga sering mengalami ruam gatal.

Dalam mengatasi masalah ini, kekuatan tranexamic acid mampu menghilangkan pembengkakan akibat angioedema. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian yang lebih banyak lagi untuk manfaat ini.

Cara menggunakan tranexamic acid untuk wajah dengan tepat

Untuk memaksimalkan manfaat tranexamic acid, bisa menggabungkannya dengan bahan skincare lainnya karena asam ini cukup lembut. Misalnya, bisa menggabungkannya dengan retinol atau eksfoliasi untuk mengatasi melasma. Demikian pula, menggabungkan tranexamic acid dengan vitamin C atau asam kojic membantu memaksimalkan kekuatan mencerahkan kulit, sehingga memastikan mendapatkan hasil maksimal dari bahan tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi tranexamic acid, seperti diminum dalam bentuk tablet, disuntikkan pada lapisan bawah kulit, atau dioleskan sebagai lotion, pelembap, krim, atau serum. Akan tetapi, seperti banyak bahan aktif lainnya, tranexamic acid paling baik digunakan sebagai formulasi tanpa bilas, seperti serum tranexamix acid, lotion tranexamix acid, krim tranexamic acid, dan pelembap.

Berikut beberapa cara lainnya menggunakan asam ini secara topikal dalam rutinitas skincare:

  • Mulai dengan menggunakan tranexamix acid sekali sehari pada awalnya.
  • Setelah mengembangkan toleransi yang cukup terhadapnya, lanjutkan ke dua kali sehari, pagi dan sore.
  • Untuk memastikannya sudah meresap ke dalam kulit, gunakan setelah serum vitamin C dan sebelum SPF di pagi hari, dan setelah retinol di malam hari.
  • Tranexamix acid bekerja cukup baik dengan bahan super aktif seperti niacinamide, vitamin C, dan exfoliating acid seperti asam glikolat dan asam salisilat.

Efek samping tranexamic acid

Meskipun tranexamic acid aman untuk sebagian besar jenis kulit, penting sekali untuk selalu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memasukkan bahan dan produk baru ke dalam rutinitas skincare harian.

Beberapa efek samping yang dapat terjadi dari penggunaan produk yang mengandung tranexamic acid termasuk iritasi, kekeringan, dan kulit terkelupas.

Disarankan untuk menambahkan bahan-bahan yang mungkin menyebabkan iritasi, seperti asam, satu per satu. Memulai terlalu banyak produk baru sekaligus bisa lebih merugikan daripada menguntungkan, dapat menyebabkan kulit kemerahan, bahkan sampai mengelupas.

Facebook
WhatsApp
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *