Cara Mengatasi Jerawat dengan Benar Secara Medis

Mengetahui bagaimana cara mengatasi jerawat dengan benar sesuai anjuran medis, akan menentukan berapa cepat Anda akan bebas dari jerawat.
Kesalahan dalam cara mengatasi jerawat bisa menyebabkan wajah penuh dengan nanah, bisul-bisul, cacat atau bopeng bahkan sampai mengalami infeksi berat yang memerlukan perawatan di rumah sakit.
Untuk itulah, mengatasi jerawat tidak bisa sembarangan agar bekasnya dapat hilang. Hal ini karena jerawat merupakan kelainan yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling kait mengait.
Sahabat MIKA, yuk simak beberapa cara mengatasi jerawat pada artikel berikut ini.

Kenali faktor penyebab timbulnya jerawat

Jerawat adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh adanya penyumbatan kelenjar lemak (kelenjar sebasea).
Biasanya, jerawat akan muncul di muka, leher, dada atas, punggung dan lengan atas. Kelainan ini sering diderita oleh kaum remaja dan terkadang oleh orang dewasa. Timbulnya jerawat dipicu oleh beberapa faktor seperti:
* Faktor genetik atau keturunan
* Faktor hormonal, hormon yang berperan timbulnya jerawat adalah hormon androgen. Oleh sebab itu jerawat sering diderita oleh anak remaja yang fungsi hormonnya mulai aktif bekerja, serta ketika sebelum dan sesudah  menstruasi.
* Kosmetik, terutama yang kadar lemaknya tinggi seperti pelembab atau moisturizing, night cream, dan foundation serta pemakaian scrub sering memperburuk kelainan ini.
* Makanan yang banyak mengandung lemak seperti kacang-kacangan, coklat, mentega, keju, goreng-gorengan, daging kambing, daging babi, makanan yang banyak bumbu seperti sambal, makanan bersantan, serta buah duren, mangga, alpukat, nangka, dan sebagainya.
* Kebersihan wajah yang kurang
* Kurang tidur atau kurang istirahat
* Stres, gelisah, cemas, terlalu khawatir.
* Kesulitan buang air besar
* Sering memegang, memencet, atau menggosok jerawat. Semakin sering dipegang atau dipencet, jerawat akan semakin membesar, memburuk, serta dapat meninggalkan cacat yang sangat buruk berupa bopeng atau keloid.
* Pergesekan rambut atau pemakaian handuk secara kasar.
Semua faktor-faktor tersebut tidak dapat dihilangkan secara langsung dalam waktu singkat dan tidak semua faktor tersebut dapat dihilangkan secara tuntas. Oleh sebab itu, pengobatan jerawat tidak dapat mencapai hasil maksimal dalam waktu singkat dan bersifat.

Cara mengatasi jerawat dengan benar

Ketika muncul jerawat, Sahabat goodies bisa melakukan beberapa langkah untuk mengatasinya. Berikut ini langkah-langkah mengatasi jerawat dengan benar:
a. Rutin bersihkan wajah
Hal pertama yang harus Sahabat goodies lakukan sebagai langkah pencegahan timbulnya jerawat kambuh maupun mengatasinya adalah dengan selalu menjaga kebersihan wajah secara teratur.
Walaupun jerawat sudah sembuh, Sahabat goodies tetap harus memastikan membersihkan wajah dengan tepat dan baik secara terus menerus.
b. Jangan memencet jerawat
Berikutnya Anda harus memastikan menghindari seluruh faktor penyebab timbulnya jerawat. Untuk menyembuhkan dan menghilangkan jerawat, Sahabat goodies dilarang untuk memegang, memencet atau menggosok jerawat.
Jika aktivitas-aktivitas tersebut dilakukan, maka akan memicu infeksi sekunder yang sering mengakibatkan terjadi komplikasi berupa timbulnya noda dan cacat, bopeng atau keloid.
c. Kurangi pemakaian skincare dengan kadar lemaknya tinggi
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kosmetik atau skincare yang memiliki kadar lemaknya tinggi, menjadi penyebab munculnya jerawat.
Banyak dari Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin menyarankan cara mengatasi jerawat berikutnya yaitu dengan mengurangi atau menghindari pemakaian skincare atau kosmetik dengan kandungan lemak yang tinggi. Biasanya kandungan lemak ini terdapat pada pelembab atau moisturizing, day cream, night cream, foundation, cleansing cream.
Hal ini akan mengakibatkan penyumbatan pori-pori. Sahabat goodies juga tidak dianjurkan terlalu sering memakai scrub karena akan mengakibatkan kerusakan kulit wajah dan mempermudah terjadinya infeksi sekunder yang akan memperburuk jerawat
d. Cuci wajah dengan benar
Ada beberapa aturan membersihkan wajah dengan benar agar terhindar dari risiko jerawat, diantaranya menghindari pemakaian sabun antiseptik atau medicated soap. Umumnya, sabun ini akan sering mengakibatkan kulit menjadi iritasi
Selain itu, Sahabat goodies juga tidak dianjurkan untuk membersihkan atau mencuci wajah dengan air panas.
e. Gunakan obat jerawat
Jika ternyata jerawat memicu bopeng, maka Sahabat goodies bisa membeli obat oles jerawat di apotek atau yang sudah direkomendasikan oleh dokter.
Bila cara mengatasi jerawat ini juga tidak berhasil, dapat dilakukan tindakan chemical peeling oleh dokter spesialis Kesehatan Kulit dan Kelamin yang berpengalaman.

 

Cara menghilangkan jerawat lainnya
Terakhir, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan untuk mencegah jerawat kambuh, yaitu:
* Hindari melakukan kegiatan termasuk olahraga di bawah sinar matahari yang terik yang dapat memperburuk jerawat
* Hindari makanan yang banyak mengandung lemak
* Atasi stress serta istirahat yang cukup
* Berusaha melakukan buang air besar secara teratur setiap hari
* Makan makanan yang kadar lemaknya rendah seperti daging sapi, ikan, ayam, susu non-fat, kukusan atau rebus serta banyak makan sayuran dan buah-buahan.
* Bila jerawatnya telah sembuh, perlu dilakukan usaha pemeliharaan untuk mencegah kekambuhan sesuai dengan petunjuk dokter.

Facebook
WhatsApp
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *