6 Jenis komedo dan cara mengatasinya

Jenis komedo dan cara mengatasinya, siapa sih yang tidak tahu dengan masalah kulit yang satu ini. Karena hampir setiap orang pasti pernah mengalami wajah yang berkomedo. Komedo merupakan sebuah tonjolan halus kecil, hampir sama seperti jerawat. Komedo ini biasanya terjadi karena tersumbat ya pori-pori oleh minyak yang dihasilkan wajah. Jenis komedo terbagi dua yaitu komedo terbuka (komedo hitam) dan komedo tertutup (komedo putih). Akan tetapi ada beberapa jenis komedo lainnya yang jarang diketahui. Setiap orang tentu saja tidak ingin mengalami permasalahan komedo ini. Saat ini pun telah banyak hadir solusi untuk mengatasi komedo pada kulit wajah, seperti masker anti komedo, cream untuk mengatasi komedo atau pun treatment di klinik kecantikan terlengkap. Berikut beberapa jenis komedo dan cara mengatasi komedo pada kulit wajah.

 

Penyebab timbulnya komedo

Sebelum kita mengenal beberapa jenis komedo, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab timbulnya komedo. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya komedo, sebagai berikut ;

  • Pola makan yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung banyak minyak, gorengan, minuman bersoda dan mengandung banyak gula
  •  Jumlah bakteri yang meningkat di permukaan kulit wajah karena kulit yang tidak bersih dan menurunnya daya tahan tubuh
  • Iritasi pada pori-pori kulit
  • Perubahan hormon contohnya masa pubertas dan saat menstruasi
  • Kulit yang terlalu lembab
  • Penggunaan bahan kimia yang berlebihan
  • Kebiasaan merokok

 

Jenis komedo dan cara mengatasinya

 

Jenis- jenis komedo

Yang pada umumnya kita hanya mengetahui dua jenis komedo yaitu komedo putih dan komedo hitam. Akan tetapi tahukah kamu ternyata ada jenis komedo lainnya, yaitu sebagai berikut :

  1. Komedo terbuka

Jika kamu pernah menemui komedo hitam, itu merupakan jenis komedo terbuka. Hal ini terjadi karena minyak yang tersumbat di dalam pori-pori. Minyak yang tersumbat ini lalu teroksidasi dan menjadi gelap dan berwarna hitam. Komedo ini biasanya terdapat pada hidung, dagu, bahu dan punggung.

  1.   Komedo tertutup

Berbeda dari komedo terbuka yang berwarna hitam, komedo terbuka yaitu komedo yang berwarna putih. Komedo ini timbul karena tersumbatnya pori-pori oleh sel minyak dan kulit tidak terpapar udara. Komedo tertutup ini biasanya muncul pada bagian dahi, hidung, dagu dan pipi.

  1.  Microcomedones

Jenis komedo ini merupakan komedo paling terkecil karena tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Komedo atau jerawat yang meradang pada mulanya dimulai sebagai microcomedo.

  1.  Macrocomedones

Macrocomedones lebih umum ditemui, komedo ini bisa berupa jenis komedo tertutup ataupun terbuka, akan tetapi lebih besar dari rata-rata. Biasanya berukuran sekitar 1 milimeter (0,04 inchi) hingga 3 millimeter (0,12 inchi).

  1.  Komedo besar

Komedo besar atau kadang juga disebut komedo tua karena lebih besar dari yang lainnya. biasanya komedo ini berukuran diameter hingga 2 centimeter (0,78 inch), dan biasa dialami oleh orang dewasa atau yang lebih tua.

  1.  Komedo surya

Komedo surya ini bisa berupa komedo tertutup ataupun terbuka, baik besar atau kecil. Komedo timbul karena paparan sinar matahari yang berlebihan dari waktu ke waktu. Biasanya komedo ini terjadi pada orang dewasa lanjut usia usia 40-an yang terpapar sinar matahari secara ekstrim.

 

Cara mengatasi komedo

Agar komedo kamu tidak bertambah banyak, ada beberapa cara untuk mengatasinya sebagai berikut:

–          Rajin mencuci muka dua kali sehari dan dibarengi dengan double cleansing agar kotoran dan debu tidak menempel pada kulit wajah

–          Gunakan produk skincare yang bebas minyak dan non comedogenic

–          Rajin mencuci kuas dan aplikator make up, agar sisa make up pada kuas tidak menempel kembali ke wajah.

–          Membersihkan dan menghapus sisa make up sebelum tidur

–          Jangan biarkan keringat dan minyak menempel di wajah

–          Gunakan masker wajah yang dapat membersihkan sisa minyak pada wajah serta mengangkat komedo, minimal dua kali seminggu.

–          Ganti sarung bantal dan seprai seminggu sekali

–          Hindari makanan yang akan menimbulkan masalah kulit seperti makanan yang mengandung minyak berlebih dan tinggi gula

–          Gunakan produk skincare khusus untuk kulit berminyak dan non comedogenic

Itulah beberapa jenis komedo yang jarang diketahui dan cara mengatasinya. Jika masalah komedo yang kamu alami cukup parah, sebaiknya kamu mencoba salah satu acne treatment yang ampuh untuk mengusir komedo

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kamu juga perlu mengatasi masalah kulit dari dalam agar permasalahan kulitmu tidak bertambah lebih parah. 

Facebook
WhatsApp
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *