Hentikan Keriput Sejak Dini: Pencegahan dan Perawatan Kulit

Keriput atau kerutan adalah salah satu tanda penuaan kulit yang terjadi karena proses alami tubuh dan faktor eksternal. Penuaan alami dipengaruhi oleh faktor genetik dan hasil dari berjalannya waktu, yang tidak bisa dihindari.

Masalah pada kulit ini paling sering terjadi pada area kulit yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, lengan, dan lengan bagian bawah. Penyebab utama dari kerutan adalah paparan sinar matahari, meskipun genetika juga dapat berpengaruh. Polutan dan kebiasaan merokok juga dapat berkontribusi terhadap kerutan.

Penyebab Keriput

Keriput adalah bagian alami dari proses penuaan pada setiap orang. Usia yang bertambah membuat kulit menjadi lebih tipis dan elastisitasnya menurun, sehingga sulit untuk melindungi diri dari kerusakan. Dengan begitu, kerutan, lipatan, dan garis-garis tipis pada kulit terlihat.

Selain itu, ekspresi wajah yang ditampilkan, seperti tersenyum, mengerutkan kening, atau menyipitkan mata juga dapat menjadi penyebab kerutan. Hal ini terlihat semakin jelas sejalan dengan bertambahnya usia. Pada akhirnya, keriput pada kulit menjadi sesuatu yang permanen.

Faktor Resiko Keriput

Keriput tidak hanya datang akibat bertambahnya usia saja, tetapi beberapa faktor lain juga mempengaruhi kondisi kulit seseorang. Hal ini disebabkan oleh tingginya stres, tingkat polusi, perokok, pencemaran lingkungan, stress, pancaran sinar matahari, radikal bebas, dan sinar UV.

Faktor-faktor lain yang dapat mempercepat proses penuaan, seperti:

  1. Keadaan gizi yang buruk dan kurang istirahat
  2. Stres dan gangguan psikologis
  3. Pemakaian otot-otot wajah yang berulang-ulang seperti cemberut, atau mengerutkan kening
  4. Penyakit kronik
  5. Kelainan kulit atau kehilangan struktur penunjang kulit, seperti kehilangan berat badan secara cepat dan drastis

Gejala Keriput

Keriput merupakan penurunan fungsi dari elastisitas wajah sehingga kulit mengalami pengenduran, dan karena seiring dengan bertambahnya usia maka kulit menjadi lebih tipis, lebih kering, kulit mengalami pengurangan kelenturan dan kelembapan.

Penanganan Keriput

Melansir dari Mayo Clinic ada beberapa pilihan perawatan kerutan yang bisa dilakukan agar penuaan pada kulit ini lebih samar atau kurang terlihat. Berikut beberapa perawatannya:

  • Obat-obatan

Menggunakan retinoid topical, merupakan obat oles yang mengandung retinoid yang mampu mengurangi kerutan halus pada kulit. Penggunaan obat ini perlu dilakukan dalam hitungan minggu atau bulan hingga hasilnya terlihat.

  • Krim Kerut

Kamu juga bisa menggunakan krim kerut untuk atasi kerutan yang timbul di kulit. Produk ini umumnya mengandung retinol, antioksidan, dan peptide untuk memperbaiki sedikit kerutan.

Selain itu, pada produk yang mengandung asam alfa hidroksi, kandungan ini disebut-sebut mampu membantu untuk menghilangkan lapisan kulit atas yang mati. Sehingga, rangsangan untuk pertumbuhan kulit baru.

Selain itu, ada juga beberapa prosedur bedah yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Pelapisan ulang pada kulit menggunakan laser
  2. Terapi fotodinamik: Terapi ini dapat mengobati kerutan halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari
  3. Pengelupasan Kulit secara kimia
  4. Dermabrasi: Cara ini dilakukan dengan mengampelas lapisan permukaan kulit dengan sikat. Kulit baru dapat tumbuh setelahnya
  5. Mikrodermabrasi
  6. Botox: Suntikan dengan dosis tertentu dimasukkan ke dalam otot agar tidak berkontraksi. Saat otot tidak mengencang, kulit terlihat lebih halus dan keriput berkurang
  7. Filler: Metode ini dilakukan dengan mengisi jaringan lunak dengan lemak, kolagen, dan asam hialuronat. Suntikan ini bisa dilakukan ke kerutan di wajah agar terlihat lebih halus dan kerutan menghilang
  8. Facelift: Cara ini dilakukan dengan pengetatan otot dan jaringan di bawahnya

Pencegahan Keriput

Keriput memang tak bisa dihindari, namun ada cara untuk mencegah penuaan dini, yaitu dengan beberapa cara ini:

  1. Menjaga kulit agar tetap bersih
  2. Memakai krim pelembap yang sesuai jenis kulit
  3. Melindungi kulit dari paparan, terutama sinar matahari
  4. Pola makan dengan gizi yang seimbang
  5. Suplementasi internal seperti vit A, C, E, dsb
  6. Hidup sehat serta tidur yang cukup
  7. Pilih produk perawatan kulit yang memiliki kandungan SPF minimal 15

 

 

Gejala keriput biasanya dimulai dengan garis-garis halus yang semakin dalam seiring bertambahnya usia. Untuk mengatasi dan mencegah keriput, penting untuk menjaga kulit tetap lembap, melindunginya dari sinar UV, dan mengadopsi gaya hidup sehat. Pencegahan adalah kunci, dengan langkah-langkah seperti rutin menggunakan tabir surya, menghindari merokok, dan menjalani pola hidup sehat, kita bisa memperlambat munculnya keriput dan menjaga kulit tetap sehat dan muda lebih lama. Bagi Anda yang ingin solusi efektif dalam merawat kulit dan mencegah keriput, berbagai pilihan produk dan perawatan tersedia untuk membantu Anda mencapai kulit yang sehat dan awet muda.

Facebook
WhatsApp
LinkedIn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *