7 Masalah kulit yang bisa muncul ketika Jarang Membersihkan Make Up

Jarang membersihkan make up akan menjadi berbahaya dan berdampak buruk untuk kulit kamu. Apakah kamu masih malas untuk membersihkan make up? Apakah kamu tidur dengan make up yang masih menempel di wajah? Stop untuk melakukan itu. Karena jarang membersihkan wajah akan berakibat buruk untuk kulit wajah kamu, bahkan bisa mengakibatkan kanker kulit. Kandungan bahan kimia yang terdapat dalam make up akan meresap ke dalam lapisan kulit sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah. Oleh karena itu kamu harus rajin membersihkan make up. Sesaat sebelum tidur setelah beraktivitas seharian, terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, sangat penting untuk kamu membersihkan make up. Untuk kamu dengan kulit berjerawat, penting untuk kamu membersihkan make up dengan melakukan double cleansing untuk menghindari masalah kulit. Berikut beberapa masalah kulit yang bisa muncul ketika Jarang membersihkan make up

Masalah kulit ketika jarang membersihkan make up 

  1.  Kulit Kering

Masalah yang bisa timbul ketika kamu jarang membersihkan make up yang tertinggal yaitu dapat menghalangi kelembaban kulit wajah. Pada umumnya kulit mengalami kelembaban alami. Akan tetapi akan terhalang jika kamu jarang membersihkan make up. Selain itu make up yang tidak dibersihkan semalaman dapat membuat kulit wajah terpapar zat-zat kimia sehingga menjadikan kulit terasa kering.

2. Iritasi kulit dan mata

Selain kulit menjadi kering, jarang membersihkan make up juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Terutama untuk kamu yang memiliki wajah sensitif, dengan sisa make up yang masih menempel dapat menimbulkan bercak kemerahan pada kulit wajah dan kulit iritasi dibanding orang lain. Tak hanya itu iritasi kulit, mata kamu juga bisa mengalami iritasi karena sisa eyeliner dan eyeshadow yang tidak dibersihkan. Hal tersebut bisa terjadi karena partikel make up yang masih tersisa dapat berpindah pada bantal sehingga rawan untuk masuk ke mata.

3. Kulit kusam

Ketika jarang membersihkan Make Up akan muncul kulit kusam. Karena kandungan bahan kimia yang terkandung di dalam make up dapat menyumbat pori-pori dan menghalangi kelembaban alami serta regenerasi kulit sehingga sel kulit mati menumpuk dan menjadikan kulit kusam.

4. Jerawat dan komedo.

Make up yang masih menempel pada wajah akan bercampur dengan sel-sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak wajah sehingga dapat menyumbat pori-pori, dan pori-pori yang tersumbat ini akan muncul jerawat. Selain itu, pori-pori yang tersumbat ini juga bisa menimbulkan komedo.

5. Merusak sel kulit wajah

Jika kamu jarang membersihkan make up, salah satu bahaya yang bisa kamu dapatkan yaitu rusaknya sel kulit wajah. Kandungan bahan kimia yang terdapat pada make up bisa berdampak langsung ke jaringan dan sel kulit wajah. Lama kelamaan hal ini bisa menimbulkan penuaan dini pada wajah kamu bahkan dapat mengakibatkan kanker kulit.

6. Menghambat proses regenerasi kulit

Malam hari ketika tidur adalah waktu terbaik untuk proses regenerasi kulit, sel-sel lama pada kulit akan digantikan dengan yang baru. Jika kamu jarang membersihkan make up terutama sebelum tidur, dapat berakibat kulit rentan mengalami kerusakan.

7. Merusak kesehatan bibir

Tak hanya wajah jarang membersihkan make up seperti lipstik atau pewarna bibir, juga berdampak berbahaya. Kandungan bahan yang terdapat pada lipstik dapat mempercepat pigmentasi bibir dan bibir menjadi hitam. Selain itu hal ini juga dapat mengakibatkan kulit bibir menjadi kering dan mengelupas. Sebaiknya kamu melakukan scrub bibir setelah seharian menggunakan lipstik, lip matte atau lainnya. setelah itu kamu bisa mengaplikasikan lip balm untuk bibir kamu ketika sebelum tidur.

Itulah beberapa dampak masalah yang bisa muncul ketika kamu jarang membersihkan make up terutama sebelum tidur. Tak hanya itu kamu juga harus rajin membersihkan brush make up ketika sedang tidak digunakan. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa make up tidak tertinggal dan menumpuk pada brush lalu bercampur dengan debu. Jika wajah kamu sudah terlanjur mendapat masalah kulit yang parah, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengatasinya dengan treatment di klinik kecantikan yang terpercaya. Juga ada banyak jenis treatment untuk berbagai masalah kulit wajah kamu.

 

Facebook
WhatsApp
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *