6 Cara Perawatan skin barrier agar kulit tetap sehat

Perawatan Skin barrier agar kulit tetap sehat sangatlah penting. Skin barrier atau penghalang kulit adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan lapisan atas kulit. Skin barrier juga merupakan bagian terpenting dari kulit yang melindungi kulit dari segala permasalahan yang bisa saja terjadi baik secara internal maupun eksternal. Jika skin barrier kamu rusak, maka permasalahan kulit juga akan mudah datang. Selain itu skin barrier juga berfungsi untuk membantu tubuh mempertahankan kelembaban alami dengan cara mencegah kehilangan air transepidermal. Salah satu faktor yang menyebabkan jerawat kamu tidak sembuh, bisa saja karena skin barrier kamu rusak. Berikut ciri-ciri kalau skin barrier kamu rusak dan juga cara perawatan skin barrier agar kulit kamu tetap sehat.

Ciri-ciri skin barrier rusak

 

Skin barrier yang rusak tentu akan menimbulkan berbagai permasalahan kulit. Oleh karena itu kamu harus memahami ciri-ciri skin barrier yang rusak. Berikut ciri-cirinya :

–          Kulit kering dan dehidrasi

–          Kulit terasa tertarik dan kencang

–          Gatal

–          Mengelupas

–          Kulit kasar

–          Warna kulit menggelap atau kemerahan

–          Iritasi kulit

–          Penyembuhan luka yang lambat

Perawatan skin barrier agar kulit sehat

Agar skin barrier kamu tetap terjaga dan kulit tetap sehat serta terhindar dari permasalahan kulit wajah, berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan :

  1.   Rutin melakukan perawatan kulit wajah

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu rutin melakukan perawatan wajah. Perawatan ini bisa kamu lakukan dengan cara menggunakan skin care yang cocok untuk kulit wajah kamu atau kamu juga bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan yang sudah mendapat izin resmi. Lakukan perawatan di klinik kecantikan satu kali sebulan atau satu kali tiga bulan secara rutin atau konsisten. Gunakan skincare setiap hari secara rutin dan tak lupa untuk mengaplikasikan sunscreen ke wajah agar kulit wajah kamu tidak terpapar matahari secara langsung.

  1.   Peduli kepada diri sendiri

Jika sudah melakukan perawatan skin barrier wajah tak lupa untuk selalu peduli kepada diri sendiri dengan menunjang kesehatan wajah dari dalam tubuh. Kamu bisa melakukan perawatan dari dalam dengan cara makan makanan yang sehat untuk kulit wajah dan juga meminum vitamin untuk kulit wajah agar tetap sehat dari dalam maupun dari luar. Selain itu kamu juga perlu menjaga pikiran agar tidak stress yang juga bisa mempengaruhi kulit wajah, menjauhi rokok, mengurangi makanan yang mengandung lemak jahat serta menghindari minuman bersoda atau dengan kandungan gula yang banyak.

  1.   Gunakan pembersih wajah yang lembut

Faktor lingkungan juga merupakan salah satu penyebab timbulnya masalah kulit wajah. Misalnya paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit belang atau polusi debu dan kotoran yang menempel pada wajah dan menimbulkan jerawat, komedo atau masalah lainnya. Oleh karena itu penting untuk kamu membersihkan wajah dari sisa-sisa make up ataupun debu yang menempel. Terutama untuk wajah yang sering berjerawat, sangatlah penting untuk melakukan double cleansing. Gunakan pembersih wajah yang lembut dengan tekstur sesuai dengan kulit masing-masing.

  1.   Rutin pakai serum dan pelembab

Gunakan bahan skincare yang memperkuat skin barrier, produk ini biasanya mengandung bahan seperti ceramide, hyaluronic acid, glycerin, propylene glycol dan butylene glycol. Bahan-bahan ini akan membantu memperbaiki skin barrier kamu yang rusak, terutama pada serum dan pelembab. Sebaiknya kamu rutin menggunakan serum dan pelembab setiap harinya. Guna agar kulit kamu selalu terhidrasi dan tidak kering serta selalu lembab setiap harinya. Pastikan serum dan pelembab tersebut cocok untuk kulit anda

  1.   Mengobati peradangan

Jika kamu mengalami peradangan seperti jerawat atau kulit sensitif, sebaiknya kamu tidak melakukan eksfoliasi terlebih dahulu. Lebih baik kamu menggunakan serum dan pelembab, agar peradangan yang kamu alami mereda dan tidak bertambah parah. Dan jika kamu mengalami peradangan seperti rosacea dan eksim, sebaiknya kamu periksa ke dokter dan menggunakan obat sesuai dengan resep dokter. Cari tahu produk paling cocok untuk wajah kamu dan produk yang sebaiknya dihindari.

  1.   Melakukan eksfoliasi wajah

Seperti yang kita tahu bahwa salah satu penyebab masalah kulit wajah yaitu debu polusi dan kotoran. Debu dan kotoran ini kalau tidak dibersihkan akan menumpuk dan menyumbat pori-pori sehingga timbul jerawat, komedo, ataupun bruntusan. Agar debu dan kotoran ini tidak menumpuk, kamu perlu melakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu. Proses eksfoliasi ini akan membantu pembersihan wajah dari sisa debu kotoran serta mengangkat sel kulit mati yang mengendap di permukaan wajah kamu. Akan tetapi jika kamu sedang mengalami peradangan yang cukup parah, sebaiknya kamu berhenti untuk eksfoliasi sementara waktu, hingga kulit wajahmu kembali normal.

Facebook
WhatsApp
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *